SAFARI RAMADLAN ; SARANA SOSIALISASI TUPOKSI KUA & PEMBINAAN LANGSUNG KEPADA MASYARAKAT


Setiap kali Bulan Suci Ramadlan tiba, banyak sekali lembaga , ormas dan beberapa instansi pemerintah mengadakan ajangsana, kunjungan bersama dan bersilaturrahim dengan masyarakat yang biasa disebut dengan istilah “Safari Ramadhan”. Bagaimana dengan institusi kantor urusan agama (KUA) sebagai ujung tombak Kementerian Agama ?. KUA sebagai garda terdepan pemerintah yang membidangi pembinaan masyarakat   khususnya  bimbingan masyarakat Islam, tentunya tidak boleh tertinggal dalam kegiatan safari ramadhan ini.
Untuk itu KUA Kecamatan Sangkapura yang terletak di Pulau Bawean yang berjarak sekitar 82 mil dari Ibukota Kabupaten Gresik Jawa Timur, bergandengan dengan organisasi masyarakat yang ada senantiasa melaksanakan kegiatan safari ramadlan bersama para tokoh masyarakat. Tidak kurang dari 15 kali pertemuan secara marathon, baik menjelang buka puasa bersama dan setelah tarawih dengan berpindah tempat dari masjid ke masjid pada Ramadhan 1434 H ini dilaksanakan. Bahkan di sebuah dusun yang berada di Pulau Gili Timur sebuah pulau kecil timur Pulau Bawean acara Safari Ramadlan bisa terlaksana dengan baik dan semarak.
Safari Ramadlan tahun ini oleh KUA Kec. Sangkapura dikonsentrasikan untuk mensosialisasikan tugas pokok dan fungsi ( tupoksi ) KUA serta mensosialisasikan upaya pembentukan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah atau disingkat dengan “Keluarga SAMARA” dan ditambah juga dengan pembinaan ilmu faraid/fiqh waris. Animo masyarakat ternyata sangat tinggi, terbukti setelah penyampaikan materi hampir dipastikan banyak pertanyaan dan persoalan yang dilontarkan masyarakat yang ingin lebih tahu tentang materi yang disampaikan.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

BERITA & ARTIKEL LAIN

 
copyright©2011 KUA Sangkapura Bawean Gresik Jawa Timur