PENDIDIKAN PRA NIKAH ANGKATAN I & II DI DESA DAUN






Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkapura dan Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kecamatan Sangkapura menyelenggarakan Pendidikan Pra Nikah Angkatan I & II dikalangan remaja desa Daun, bertempat di Gedung MINU Daun, hari minggu (10/6/2013).
Jumlah Angkatan I Putri sebanyak 75 peserta dan Angkatan II Putra sebanyak 72 peserta, total peserta sebanyak 147 orang dari desa Daun, kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean. Melebihi target per angkatan 40 s/d 50 orang saja, namun tetap berjalan dan peserta sangat antusias untuk mengikuti walaupun ada beberapa yang mengeluh karena keterbatasan fasilitas. 
Di tengah guyuran hujan membuat banyak peserta terlambat datang, tapi materi dasar telah disampaikan dengan keterbatasan waktu dan sarana yang tersedia. Pretest tetap dilaksanakan, bahkan hampir semua peserta sangat serius mengerjakan tes awal tersebut, walaupun waktu mengerjakan tes awal sudah selesai. Sejak pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB acara selesai dan dilanjutkan beberapa minggu ke depan untuk pemantapan materi dan posttes dilanjutkan pembagian piagam/sertipikatan bagi peserta yang lulus.

Menurut Baharuddin selaku Ketua Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kecamatan Sangkapura, program Pendidikan Pra Nikah adalah hasil keputusan rapat kerja BP4 bersama tokoh masyarakat dan organisasi ke-Islaman guna menanggulangi realitas perilaku kehidupan negatif di masyarakat seperti meningkatnya kriminalitas, dekadensi moral, prostitusi, kehamilan yang tidak diinginkan, dan perzinaan/perselingkuhan yang merupakan fenomena arus globalisasi saat ini. 
Nasichun Amin selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkapura, berharap dengan adanya kegiatan ini para remaja benar-benar siap lahir dan batin, serta berwawasan luas dalam menghadapi tantangan di masa depan. "Menimbah ilmu pengetahuan untuk mencapai harapan dan tujuan dalam mengarungi hidup rumah tangga menjadi rumah tangga yang bahagia atau sakinah,"paparnya. 
"Kegiatan pendidikan pra nikah ini diprogramkan di dalam tahun 2013 ini minimal 20 angkatan/kelas dengan jumlah sekitar 50 peserta/kelas dan ditargetkan dapat melakukan pembinaan kepadapara remaja putra atau putri minimal 1.000 anak remaja,"katanya. 
Menurutnya, tahun 2014 diharapkan seluruh calon pengantin di wilayah Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean Kabupaten Gresik telah mempunyai sertipikat lulus pendidikan pra nikah atau kursus calon pengantin (suscatin) guna mendaftarkan pencatatan nikah di kantor urusan agama setempat.

Direncanakan pelaksanaan kegiatan ini bekerjasama dengan pihak pemerintah desa serta lembaga pendidikan khususnya tingkat SLTA dan pondok pesantren se- Kecamatan Sangkapura. 
Materi yang disampaikan adalah; Fiqh Munakahat, Undang-undang perkawinan, UU Penghapusan KDRT, UU Perlindungan Anak, Keluarga Sakinah, Hak & Kewajiban Suami Istri, Problematika Keluarga & Solusinya, Prosedur pendaftaran pencatatan nikah, psikologi remaja, pendidikan reproduksi & pendewasaan usia nikah, serta mencari jodoh yang Islami. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan selama 2 hari.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

BERITA & ARTIKEL LAIN

 
copyright©2011 KUA Sangkapura Bawean Gresik Jawa Timur