PENYULUHAN KESEHATAN REPRODUKSI ISLAMI & PENDEWASAAN USIA NIKAH UNTUK BIDAN & PERAWAT DESA SE KEC. SANGKAPURA PULAU BAWEAN GRESIK





Kepala Puskesmas Kec. Sangkapura dengan mengundang seluruh bidan dan perawat kesehatan di seluruh desa se Kec. Sangkapura mengundang Kepala KUA Kec. Sangkapura untuk memberikan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi dan pendewasaan usia nikah. Kegiatan yang diselenggarakan pada Hari Senin, 18 Juni 2012 di Aula Puskesmas Kec. Sangkapura ini dihadiri sekitar 40 orang petugas kesehatan desa yang terdiri dari bidan dan perawat yang bertugas di Poskesdes.
Materi penyuluhan diantaranya adalah pentingnya meningkatkan kualitas masyarakat khususnya di bidang kesehatan dan juga untuk calon pengantin. Materi Kesehatan Reproduksi Islami sebagai materi pokok sangat diperhatikan oleh segenap peserta. "Agama Islam sangat memperhatikan dan mengulas hampir sempurna perihal pendidikan reproduksi. Terbukti banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang menjelaskan mengenai itu" begitu pemaparan Nasichun Amin, M.Ag Kepala KUA Kec. Sangkapura sebagai nara sumber sambil memberikan banyak contoh ayat-ayat al-Qur'an dan menjelaskannya secara singkat.
Dalam forum tersebut juga disosialisaikan tentang Instruksi Bersama Dirjen Bimas Islam & Dirjen PPM dan Kesehatan LingkunganPemukiman Depkes nomor 2 tahun 1989 tentang Imunisasi TT bagi calon pengantin. Diharapkan kepada segenap tenaga kesehatan di desa juga membantu mensosialisasikan mengenai Pendewasaan Usia Nikah serta Kesehatan Ibu dan Anak khususnya kepada remaja pra nikah.
Beberapa poin yang dimohon kepada petugas kesehatan desa baik oleh bidan atau perawat Poskesdes diantaranya ;


1.     Mensosialisasikan pentingnya kesehatan ibu dan anak , kesehatan calon pengantin (kewajiban TT bagi calon pengantin wanita)
2.     Memberikan pendidikan reprodukdi sehat (Islami) kepada remaja dan calon ibu
3.     Mensosialisasikan pendewasaan usia nikah
4.     Memberikan nasehat kepada calon ibu mengenai kesehatan ibu dan anaknya ( kewajiban orangtua, pentingnya ASI, sabar dalam merawat anak dll)

Pada akhir acara dimohon kepada segenap peserta untuk bisa menindaklanjuti acara tersebut dengan mengadakan penyuluhan di desa masing-masing dan KUA siap membantu.

comment 0 komentar:

Posting Komentar

BERITA & ARTIKEL LAIN

 
copyright©2011 KUA Sangkapura Bawean Gresik Jawa Timur