99 TANAH WAKAF DI PULAU BAWEAN GRESIK TERIMA SERTIPIKAT


Ahad malam tanggal 14 Mei 2017 telah diserahkan secara simbolis sertipikat tanah wakaf untuk masjid, pondok pesantren, madrasah dan beberapa lembaga sosial lainnya bertempat di Pesanggrahan Kecamatan Sangkapura Pulau Bawean oleh Bapak Wakil Bupati Gresik H. Moh. Qosim didampingi Ketua Lembaga Wakaf PWNU Jatim H Mustain dan Kepala Seksi Pertanahan BPN Gresik DR Asep Heri serta Kepala KUA Kec. Sangkapura Nasichun Amin. Jumlah sertipikat yang diserahkan sebanyak 99 bidang tanah wakaf yang dengan Nadzir Ormas NU dan 9 bidang Nadzir Ormas Muhammadiyah.
Menurut Wakil Bupati Gresik sertipikasi tanah wakaf sangat penting sekali untuk menyelamatkan aset umat dan untuk kepastian hukum aset yang ada. Harapan beliau kepada segenap pimpinan lembaga keagamaan di masyarakat yang tanah wakafnya belum bersertipikat untuk segera mensertipikatkan atau mendaftarkan tanah aset wakaf miliknya kepada KUA atau Kantor Kementerian Agama dan segera ditindaklanjuti prosesnya ke Kantor Pertanahan BPN untuk diproses sertipikat tanah wakafnya.
Salah satu penerima sertipikat tanah wakaf KH Fuad Faruq selaku pengasuh Ponpes Nurut Taqwa Duku Desa Sungairujing Sangkapura sangat senang dan gembira tanah wakaf ponpes sudah terdaftar sah dan bersertipikat tanah wakaf. Untuk selanjutnya beliau mengajak lembaga lain untuk segera mendaftarkan aset tanah wakaf yang ada.
Selain tanah wakaf untuk masjid , langgar , madrasah dan ponpes , sertipikasi tanah wakaf juga diperuntukkan bagi aset umum dan sosial lainnya seperti tanah makam umum atau makam Islam sebagaimana dijelaskan oleh Kepala KUA Kec. Sangkapura Nasichun Amin. Bahkan wakaf sumur umum perlu disertipikatkan atau didaftarkan wakafnya , imbuhnya. Alhamdulillah sudah ada 2 bidang sumur umum yang telah selesai sertipikat tanah wakafnya yang terletak di Dusun Tanjunganyar Desa Lebak walaupun luasnya hanya 25 meter persegi , Nasichun Amin menjelaskan.

comment 1 komentar:

Berita Bawean on 30 Oktober 2017 19.32 mengatakan...

Dengan begini isnya Allah tidak ada kasus mengusik tanah masjid maupun mushalla,

By Admin Beritabawean.com

Posting Komentar

BERITA & ARTIKEL LAIN

 
copyright©2011 KUA Sangkapura Bawean Gresik Jawa Timur