PENYULUHAN & PEMBINAAN KEPADA TAKMIR DAN REMAJA MASJID DI PULAU BAWEAN BERSAMA DEWAN MASJID INDONESIA





Mulai hari sabtu, tanggal 8 Desember 2012 Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sangkapura dan Tambak bekerjasama dengan Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengadakan Penyuluhan dan Pembinaan Takmir Masjid serta Remaja Masjid di beberapa tempat di Pulau Bawean. Kegiatan pertama dilaksanakan di Masjid Sabilal Jannah Kotta Sukaoneng di malam hari ba'da Isya pada hari Sabtu 8 Desmber 2012. Dengan mengundang segenap perwakilan takmir masjid se Kec. Tambak para nara sumber dari DMI Kab. Gresik bersama KUA memberikan materi pentingnya Manajeman masjid dan usaha pemberdayaan jama'ah. Kurang lebih 50 perwakilan takmir masjid se Kec. Tambak dengan antusias mengikuti penyajian materi dan berdiskusi dengan para narasumber.
Pada pagi hari Ahad tanggal 9 Desember dilanjutkan pembinaan remaja masjid se Kec. Tambak yang diikuti sekitar 25 peserta perwakilan dari remaja masjid se Kec. Tambak. Kegiatan dilanjutkan dengan pembinaan ta'mir masjid untuk wilayah Kec. Sangkapura yang dilaksanakan pada jam 13.00 WIB di Masjid Jami' Sa'datud Daroin Alun-Alun Sangkapura. Sekitar 100 orang perwakilan takmir juga dengan seksama dan bersemangat mengikuti kegiatan tersebut yang bertemanakan Manajemen Masjid menuju peningkatan kemakmuran masjid dan jama'ah.
Pembinaan remaja masjid juga dilaksanakan pada hari ahad malam di Masjid Jami' Sangkapura dan Senin malam tgl 10 Desember 2012 di Masjid Baitul Mu'minin Daun Laut Daun dengan diikuti para remaja masjid perwakilan dari masjid se Kec. Sangkapura. Sebagai tindak lanjut dari pembinaan tersebut akan diadakan pembinaan secara rutin dan kontinyu untuk beberapa masjid yang bersedia dijadikan masjid binaan yang nantinya akan dijadikan masjid percontohan di wilayah bawean. Dengan adanya masjid binaan dan percontohan nantinya akan bisa memberi hasil contoh yang baik dalam pengembangan manajemen masjid baik dalam bidang keorganisasian, administrasi, kegiatan kemakmuran masjid, juga termasuk kegiatan remaja masjid.
Dalam kesempatan tersebut juga, KUA selaku institusi pemerintah di bidang pembinaan keagamaan menawarkan kepada segenap takmir dan remaja masjid untuk bekerjasama mengadakan pembinaan peningkatan kualitas jama'ah seperti pembinaan keluarga sakinah, pendidikan reproduksi, pembinaan remaja dan pendidikan pra nikah, pendewasaan usia nikah dan lain-lain sebagaimana tugas pokok dan fungsi KUA.

comment 1 komentar:

kua banyumas on 7 Februari 2014 00.16 mengatakan...

Ass. wr. wb. maaf salam kenal dan silaturrahmi dari kami di KUA Banyumas dan mat jumpa di Blog kami. Terima kasih. Wassalam

Posting Komentar

BERITA & ARTIKEL LAIN

 
copyright©2011 KUA Sangkapura Bawean Gresik Jawa Timur